Senin, 30 April 2012

do do ra ra e e mo mon ({})






Ini nih tentang tokoh favorit gw, “doraemon”. Dari kecil sampe sekarang setiap hari minggu jam 9 pagi gw pasti nongkrongin tuh yang namanya RCTI dan kalo ada hal yang bikin gw ga bisa nonton pasti gw dongkol bgt. Nah kalian tau gak tentang doraemon? Gw sering nih ngubrek-ngubrek mbah google buat tau hal-hal kaya gini,

Doraemon................
  •   memiliki berat 129,3 kg 
  •   tingginya 129,3 cm (4'3 ")
  • lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm 
  • lingkar kepalanya & lingkar dada adalah 129,3 cm 
  • Kakinya berdiameter 129,3 mm
  •  Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketika ketakutan
  •  melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya
  •  Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp
  •  Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.
  •  Warna aslinya adalah kuning

 jadi 1293 itu sering di bilang angka HOKI ato ajaib nya deh .

Arti nama doraemon,
Nama Doraemon sebenarnya diciptakan dari 2 patah kata: Dora & Emon. Dora adalah semacam plesetan dari "Nora" yg berasal dari "Nora-Neko" yakni stray cat. Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yg berjenis kelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon.
Secara harafiah, nama Doraemon bisa diartikan "Stray male cat" (kucing liar jantan)
Dora sebenarnya bisa juga berarti "gong" seperti  "dora" yg dipakai dalam nama kue dorayaki... walaupun bukan itu "dora" yg dipakai di nama Doraemon juga mewakilkan bodeh nya yaitu di mana tubuh Doraemon memang bundar-bundar seperti gong, wkwk
Nama Doraemon dituliskan sebagai gabungan dari huruf katakana & hiragana. Huruf katakana untuk Dora (ドラ) & huruf hiragana (えもん) untuk Emon. Singkat kata, jadinya ドラえも
 

selain itu kalian tau gak kapan doraemon selesai diproduksi ?
nih dia nih, gw nemu dimbah google juga,
3 September 2112 adalah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi dan robot kucing kesayangan gw ini ternyata memiliki  kode produksi, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot, & dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot di mana ia diproduksi (nama ini disebutkan dalam episode ulang tahun Doraemon tahun 2007)


Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, ia dalam depresi, menyelinap ke atas menara, di mana ia minum ramuan berlabel "kesedihan". Ketika ia menangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuan tsb.
Doraemon pandai bahasa Inggris, karena paham istilah bahasa Inggris "In Blue" yg artinya "sedang sedih"

dan yang kedengerannya rada kocak tu ini, mantan pacar doraemon di abad 22, namanya Noramyako. Ia disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubon volume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara2 Doraemon dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus).


doraemon juga sekolah, Menurut serial spin-off dari Doraemon "The Doraemons", nama sekolah dari Doraemon sederhana saja, yakni Robot School
 
Kurang lebih 4500 alat (dōgu) telah dikeluarkan dari kantong doraemon mulai dari episode pertama sampai saat ini, termasuk ygpaling populer adalah Doko Demo Doa (Pintu Ke mana saja), Take-copter (Baling2 Bambu), Kuukihou (Meriam Senapan Angin) & Time Machine (Mesin Waktu)

Ya sudahlah
Yang menjadi penyebab konflik adalah beredarnya “ending” Doraemon yang menyatakan bahwa Doraemon mengalami malfungsi, di mana Nobita terpacu untuk belajar keras, menikah dengan Shizuka, dan akhirnya menjadi ilmuwan handal. Di versi ending ini, pencipta Doraemon tidak lain dan tidak bukan adalah Nobita. Ini adalah ending yang “sangat masuk akal” dan “melengkapi lingkaran cincin epos dan mitos antara persahabatan Doraemon dan Nobita, sebuah hubungan persaudaraan yang sudah melebihi ikatan antara manusia dan robot, bahkan melebihi saudara kandung”
Tapi sayangnya… faktanya Doraemon tidak pernah, atau belum memiliki ending.
Cerita “ending” di mana Nobita menciptakan Doraemon di atas hanyalah sekedar “doujinshi” (semacam manga berjenis fanfiction alias tidak diterbitkan oleh sang pembuat aslinya) yang konsep awalnya dikembangkan oleh Nobuo Sato kemudian diterbitkan oleh Tajima T Yasue pada tahun 2005
Nahhh… lalu, betulkah sang pencipta Doraemon dan Dorami tidak pernah muncul di film?
Jawabannya: pernah. Dan ia hanya dijuluki sebagai “The Scientist” (sang ilmuwan) sehingga menjadikannya tokoh yang “memiliki kesempatan terbuka dalam penceritaan, akan siapa sebenarnya jati diri sesungguhnya” Well… yang pasti kemungkinan itu adalah Nobita sangat kecil, karena Doraemon diciptakan di masa Sewashi (cicit-cicit-cicittttnya Nobita) di mana Nobita pasti sudah almarhum.

Oiya ada yang kelupaan,
*******
Doraemon takut sama tikus karena trauma sebab kuping robotnya digerigiti robot tikus juga saat ia tidur siang...tapi ya kalo ini bukan kemauan si penulis “Fujiko Fujio” ya doraemon ga bakalan deh takut sama yang namanya tikus. Wkwk, jadi intinya ini kan yang nulis dia, ya suka-suka dia mau doraemon takut apa aja


Was I joking? No, seriously! Fujiko Fujio terkenal dengan imajinasi mereka yang tinggi bahkan di karya2 mereka selain Doraemon. Mereka gemar menciptakan unsur2 humor segar yang bahkan belum pernah dikemukakan di zaman itu. Anggaplah mereka ini JK Rowling-nya Jepang di zaman baheula.

Dengan dasar pikiran begitu...gw hanya menebak-nebak bahwa duo Fujiko Fujio tahu, bahwa dengan menciptakan reversed hunting (tikus menakuti kucing, kucing menakuti anjing, manusia menakuti hantu) sebagai running gag di Doraemon... maka akan menambah unsur komedi yang ajeg di serial ini, sekaligus mempertinggi kesan bahwa Doraemon adalah robot yang "adorable" dan tidak berbahaya bagi manusia sebab ia toh takut dengan hanya....tikus, mangsa alaminya.
**********

kalian juga tau dorami kan? asal mula munculnya dorami dalam kehidupan nobita, inget ga sih kapan lo pertama kali liat dorami? Hehe 



Dorami sebenarnya tidak langsung muncul dalam keluarga Nobita, namun di keluarga cicit-cicitnya Nobita di abad 22 yakni Sewashi. Dorami dibeli untuk menggantikan Doraemon, yang dikirim untuk menemani Nobita. Yang memiliki Dorami adalah Sewashi dan yang mengirim Dorami (dan Doraemon) juga Sewashi. Dorami biasanya dikirim untuk menggantikan tugas Doraemon menjaga Nobita apabila Doraemon sedang dalam urusan penting sehingga ia tidak bisa menemani Nobita, misalnya saat ia harus di-tune up di pabrik.
Tapi kenapa ya doraemon dan dorami di katakan ade-kaka? Kan mereka robot -,-
Ini menjadi misteri yang menarik...
Ternyata, karena mereka berdua "dilahirkan" dari satu tangki minyak yang sama...dan "Doraemon" lahir lebih dahulu dari Dorami (2 tahun lebih tua), sehingga ia disebut "kakak", kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut "adik." Tapi dorami katanya sih lebih hebat dari pada doraemon,
Menurut data, dorami mampu menghasilkan energi sebesar 10000 tenaga kuda, silakan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisa mengeluarkan sebesar 129.3 tenaga kuda (angka hokinya Doraemon nih )
Tapi kalau "lebih popular yang mana?’’ gw rasa lo lo pada udah tau hehe



sekian kali ya tentang doraemon nya, kalo kalian sering nonton doraemon (minggu jam 9) pasti sering liat pak guru kan? Tau ga sih nama pak guru, ga mungkin kan namanya pak guru haha, tapi emang jarang bgt ada yang nyebut namanya dia, tokoh Pak Guru yg sebenarnya juga sangat mencemaskan Nobita karna nilai nobita yangg sangat abstrak sekali yaitu selalu 0 , ya minimal 30 lah -..-  ini memang sebenarnya dari awal tidak mempunyai nama & hanya disebut Sensei aja. Namun, pada versi yg diputar di Nihon Television, ia diberi nama asli "Ganari"


selain itu juga pasti ada yang belum tau nama ibu dan ayah nobita, namanya adalah Ayah: Marvim Nobi & Ibu: Rukia Nobi
 Ibu Shizuka = Maaf sekali, sampai saat ini, ibu Shizuka tidak punya nama
Ayah Shizuka = Yoshio Minamoto
(Beliau sangat sering terlihat di Episode Spesial Malam Sebelum Pernikahan Shizuka dan Nobita)
Ibu Suneo dan Ibu Giant juga sampai saat ini juga belum “diberi nama”
Bapak dan Ibu Dekisugi memang tidak pernah tampak… alasannya… ya karena tokoh utamanya adalah Nobita dan Doraemon, bukan Dekisugi.

Yaudahlah, cari aja lagi di google kalo belum puas~

4 komentar:

  1. Bagus aku juga ska doraemon ....tpi gk maniak sech ....n ak kgum dengan animasi blog kmu ...

    BalasHapus
  2. kalau sayang sama Doraemon belom afdol kalau belom like fan pagenya hehe. di like ya manis ;)


    Hello guys !

    please, help me
    like the official fan page of Doraemon Indonesia.

    https://www.facebook.com/pages/Doraemon-Indonesia-Official/718274984877255

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane izin copas juga ya :)

      Jazak'Allah Khair (Terima kasih)

      Hapus
  3. Aduh, nama Ibu Nobita kan tamako nobi (dirubah setelah menikah)!!!!!!

    BalasHapus